text berjalan


web widgets

Jumat, 25 Januari 2013

Kulit Durian Sebagai Pengganti Penghantar Listrik Baterai


RhycQieMaiisyahrie.com Siapa sangka ternyata masih banyak sumberdaya di Indonesia yang masih belum di optimalkan, padahal sumberdaya yang begitu melimpah bisa dimanfaatkan sebagai penggantisumberdaya yang di buat manusia, ini terbukti dari beberapa kejuaraan yang diadakan mulai dari fisika, matematika, sains, dan indonesia selalu mendapatkan peringkat pertama dari berbagai kejuaraan dunia tersebut.
http://maiisyahrie05.blogspot.com
Kulit dan biji buah,mayoritas hanya dijadikan sampah yang menumpuk saja. Namun,di tangan Huwaida Najla Audiana, siswi SMA 2 Kudus kelas unggulan x2, dan Avip Noor Yulian, siswa kelas unggulan X1 yang pernah mengikuti kejuaraan Apec Future Scientist Conference 2011 di Taiwan, pada saat itu mereka telah mempersentasikan hasil penelitian yang mereka lakukan, dimana Audina meneliti kulit durian sebagai pengganti penghantar listrik baterai, dan Avip membuat etanol dari ampas tahu.
Menurut Huwaida, kulit Durian memiliki kandungan zat kalium dan natrium tinggi yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif.Kandungan dua zat inilah yang kemudian menciptakan aliran listrik.
Huwaida mengungkapkan, hasil temuannya ini berawal dari kejengkelannya melihat tumpukan kulit Durian di sekitar rumah.Selain berbau tajam, tumpukan sampah kulit Durian itu juga tidak enak dipandang mata. Setelah memutar otak,Huwaida kemudian memulai serangkaian penelitian,dan akhirnya menemukan bahwa kulit Durian memiliki kandungan listrik yang cukup besar. “Ternyata, di dalam kulit Durian mengandung unsur kalium dan natrium tinggi yang bisa digunakan untuk mengalirkan ion positif dan negatif.Dengan sejumlah proses,kulit Durian ini mampu menghasilkan tegangan sebesar 1,25 volt.Tegangan ini cukup untuk menghidupkan kembali aliran listrik baterai yang sudah mati
Untuk membuat baterai :
1.    Kupas dahulu kulit durian, pilih yang bagian putihnya
2.    Tumbuk hingga halus
3.    Setelah halus, ambil baterai. Nah disini syaratnya menggunakan baterai bekas dan kedua elemen baterai yang lain yaitu karbon dan seng dalam kondisi baik tidak berkarat.
4.    Buang arang dalam baterai
5.    Masukan kulit durian yang ditumbuk tadi
6.    Tutup kembali baterai tersebut
7.    sekarang Cek dengan AVO meter atau Multimeter, maka akan menunjukan seperti baterai pada umumnya.

Batu Baterei akan memiliki tengangan dan daya yang sama dengan yang di buat dari bahan kimia, percobaan ini telah di lakukan dalam berbagai penelitian sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar